Kamis, 19 April 2012

Tentang Database dan MySQL

Database Database adalah basis dari data, dengan kata lain database merupakan kumpulan data, dasar yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi, Sekumpulan data atau informasi teratur berdasarkan kriteria tertentu yang saling berhubungan. Selain itu juga database dapat didefinisikan sebagai susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi perusahaan, yang terorganisir dan disimpan secara terintegrasi.
Memahami Konsep Relasional Database
Data adalah hal yang amat penting dalam banyak aspek. Untuk menggunakan dan menyimpan data tersebut, dibutuhkan pengorganisasian dan pengolahan data yang teratur dan baik. Saat ini, pengolahan data dilakukan dengan teknologi komputer. Anda dapat menambah, mengedit, menghapus, dan mengurutkan data sesuai keinginan dan kebutuhan.
Database dapat dibuatkan relasi-relasi antardata yang bisa diatur oleh pemakai selama data tersebut mempunyai minimal satu field yang sama.
Mengenal Tabel, Record dan Field
Sebagai bagian database, tabel, record dan field merupakan komponen-komponen dasar yang harus dikuasai oleh pengguna database. Pada tabel, terdapat data yang akan Anda pergunakan sehari-hari.
• Tabel
Tabel merupakan sekumpulan data yang memiliki topik tertentu, misalnya sebuah tabel yang berisi data mahasiswa. Di dalam tabel tersebut terdapat record dan field yang merupakan bagian dari tabel. Pada dasarnya, tabel adalah tempat untuk meletakkan, menyimpan, mengedit atau mengubah data. Tabel dibuat dan dikelola dengan baik sehingga data yang dihasilkan dapat ditampilkan dan lebih mudah dimengerti.
• Record
Record merupakan baris yang terdapat dalam tabel. Pada baris tersebut, data-data dari tabel diisikan. Secara umum, record memiliki definisi satu bagian dari data. Misalnya pada suatu tabel terdapat 100 record maka bisa dikatakan bahwa tabel tersebut mempunyai 100 data utuh. Satu record mewakili satu data yang utuh.
• Field
Field adalah kolom dalam tabel. Bisa dikatakan field adalah bagian dari record. Pada satu record terdapat bermacam-macam field, dan satu field mewakili satu bagian dari data pada tabel.
2.2.3 Merancang Database
Perancangan database merupakan langkah awal dalam pembuatan database. Sebelum dibuat, sebuah database harus dirancang terlebih dahulu menyangkut field serta tipe apa saja yang akan dipakai.
WampServer singkatan dari Windows, Apache, MySQL dan PHP. sesuai dengan kepanjangannya, sofware ini dapat kita gunakan untuk Web Server di komputer kita, daripada kita menginstal Mysql, PHP, dan Apache satu persatu, lebih baik kita gunakan wampserver.
 MySQL adalah sebuah system manajemen database yang saling berhubungan. Sebuah  hubungan databse dari data yang tersimpan pada table yang terpisah daripada menyimpan semua data pada ruang yang sangat besar. Hal ini menambah kecepatan dan fleksibilitas. Table-tabel tersebut dihubungkan oleh hubungan yang sudah didefinisikan mengakibatkan akan memungkinkan untuk mengkombinasikan data dari beberapa table sesuai dengan keperluan.
MySQL merupakan database yang sangat cepat, dapat diandalkan dan mudah untuk digunakan. Jika hal itu yang anda cari maka anda harus mencobanya. Selain itu, source programnya pun dapat anda dapatkan secara gratis dan syntax-syntaxnya mudah untuk dipahami dan tidak rumit serta pengaksesan database dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
Data base MySQL dapat dibuat menggunakan tampilan phpmy admin atau menggunakan sebuah script dalam PHP.
Kita dapat membuat dan mengakses data dalam data base mySQL, dimana untuk mengakses data tersebut kita harus melakukan koneksi terlebih dahulu. Beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi database adalah :
•    Mysql_connect();
•    Mysql_pconnect();
•    Mysql_select_db();
Koneksi pertama kali dilakukan adalah dengan menggunakan fungsi mysql_connect();
Bentuk Umumnya :
Mysql_connect(nama host, Nama user, Password);
Keterangan :
•    Nama Host adalah lokasi dimana mySQL itu dipublikasikan.
•    Nama_user adalah string dengan isi data nama user yang terdaftar dalam mySQL yang digunakan untuk megakses data pada MySQL.
•    Password adalah string yang berisikan password yang digunaka untuk mengakses database.
My SQL juga  memiliki beberapa keistimewaan, berikut ini merupakan sebagian kelebihan dari mySQL antara lain :
1. PortabilityMySQL
dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

2. Open Source
MySQL didistribusikan secara open source (gratis), dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
3. Multiuser
MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4. Performance tuning
MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5. Column types
MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
6. Command dan functions
MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam query.
7. Security
MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta password terenkripsi.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Database mySql, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2278/1/Determining%20News%20Category%20with%20JAVA%20and%20MySQL.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus