Rabu, 24 Oktober 2012

ADempiere


Nama         : Bram Rahmantika Piliang
NPM           : 15109929
KELAS      : 4 KA 12
MATKUL   : Konsep Sistem Informasi Lanjut ke-2

ADempiere ERP Merupakan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis Opensource dengan lisensi GPL sehingga tidak perlu membayar lisensi (anda hanya perlu membayar lisensi untuk software pendukung seperti OS, Database, dll apabila diperlukan).
Dengan Aplikasi ERP, perusahaan dapat mengintegrasikan seluruh proses bisnis perusahaan, sehinga dengan satu kali klik bisa mendapatkan laporan keuangan secara menyeluruh dan realtime. Sehingga perusahaan akan dapat lebih mudah mengontrol dan menekan Cost/biaya serendah mungkin, serta mendorong sales/penjualan setinggi mungkin sehingga akan mendongkrak pendapatan perusahaan secara signifikan.
Selain itu dengan antarmuka berbasis Web, perusahaan juga mampu mengintegrasikan berbagai lokasi atau cabang kedalam satu sistem sehingga tidak perlu konsolidasi, sinkronisasi dan lain lain.
Untuk menerapkan sistem ERP, banyak hal yang harus dipertimbangkan secara matang oleh sebuah perusahaan dimana diantaranya adalah:
1. Biaya implementasi sesuai dengan budget perusahaan
2. Bisnis proses sesuai dengan Bisnis proses perusahaan
3. Mudah dirawat/dimaintain dan mudah di upgrade
4. Berbasis teknologi terkini dan mampu di aplikasikan dimasa datang
5. Memiliki resiko kerugian terkecil (bila gagal)
Dan ADempiere memenuhi semua tuntutan tersebut.
ADempiere ERP telah sukses diimplementasikan di berbagai perusahaan di dunia termasuk di Indonesia, baik untuk perusahaan Distribusi dan jasa, manufaktur, Otomotif, Ritel, hingga perusahaan pertambangan (mining), Perkebunan dan lain lain. Minimnya sosialisasi serta pelatihan ADempiere membuat masih sedikitnya perusahaan yang mampu memanfaatkan ADempiere sebagai aplikasi ERP modern yang memiliki banyak kelebihan namun dapat digunakan dengan lisensi gratis karena aplikasi ini berbasis Opensource.

Ada beberapa software ERP Opensource yang ada saat ini, diantaranya : Compiere
ERP&CRM, Adempiere, Openbravo (ketiganya sebenarnya mirip karena berasal dari Compiere ERP&CRM)dan TinyERP. Pilihlah ERP yang sesuai dengan kebutuhan Anda, agar dapat mempermudah Anda dalam penggunaannya.
Di bawah ini beberapa catatan mengenai kelebihan dan kekurangan mengenai software ERP Opensource sebagai bahan pertimbangannya.

Compiere ERP&CRM
merupakan Opensource ERP yang pertama dan paling besar komunitasnya, menggunakan databse Oracle dan Sybase, dapat berjalan di platform Linux/Unix, maupun window$. Compiere menerapkan konsep baru ERP sehingga sedikit perlu waktu untuk adaptasi, terutama bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi ERP standard. Compiere bisa diakses secara remote maupun Web (masih versi beta). Meskipun cukup rumit pada awalnya, namun karena komunitasnya cukup besar (di indonesia bias joint di milis indocompiere@ yahoogroups. com), sehingga dukungan support dari komunitas cukup kuat. Secara umum fituranya cukup lengkap, hanya saja untuk CRM dan Manufacturing masih sangat terbatas.

Openbravo
merupakan turunan dari COmpiere juga, akan tetapi Full Web Base,sehingga sangat cocok untuk perusahaan yang mempunyai banyak cabang yang berlainan kota / negara, karena mereka semua dapat mengakses
system secara web base. Menggunakan databse PostgreSQL atau Oracle.Dapat berjalan di platform Linux maupun window$. Satu kekurangan yang saya catat adalah, Openbravo meniadakan modul CRM, dan ini sangat saya sayangkan, karena meskipun CRM di Compiere cukup sederhana, namun
fitur ini sangat bermanfaat.

TinyERP (www.tinyerp.org)
merupakan ERP yang simple dan mudah dipelajari, menggunakan database postgreSQL. dapat berjalan di platform Linux maupun Window$. modul modulnya cukup standard (seperti ERP kebanyakan/tempo dulu) sehingga untuk yang sudah biasa menggunakan aplikasi ERP lain akan dapat dengan mudah beradaptasi. Instalasinya pun sangat mudah, apabila anda mempunyai PC yang sudah terinstall RedHat/ Fedora Core4 (atau clone Redhat yang lain) dan tersambung ke internet, maka tinggal ketik:
# yum install tinyerp maka TinyERP akan segera terinstall. kelemahan tinyerp adalah mungkin komunitasnya yang masih kecil sehingga, kalau ada masalah agak kelabakan cari support (tentu saja kalau membeli support dari tinyERPlangsung akan lain ceritanya).

Adempiere
merupakan turunan dari Compiere yang dikembangkan oleh komunitas, hal ini muncul karena Compiere dipandang kurang mengakomodir keingininan komunitas. Menggunakan databse postgreSQL maupun Oracle. Karena baru saja “berpisah” dengan Compiere, maka fiturnya masih sangat mirip dengan Compiere. Adempiere tidaklah dibuat berdasarkan patern atau langkah langkah proses bisnis yang fix dan kaku, melainkan berdasarkan opsi opsi yang bisa kita pilih sesuai dengan proses bisnis dari perusahaan yang kita jalankan. Compiere / Adempiere juga menyediakan opsi opsi yang bisa anda tentukan sendiri yang paling tepat dengan proses usaha yang anda jalankan saat ini.

Kelebihan dari Adempiere, adalah :
Compiere/Adempiere memiliki fleksibiltas yang sangat tinggi dalam menyesuaikan proses bisnis perusahaan di seluruh dunia. Akan tetapi ketika ini tidak cukup, sebagai aplikasi opensource, Compiere/Adempiere selalu bisa di Kustomisasi bila diinginkan, pilihan kustomisasi bisa ditempuh ketika ada hal yang memang benar benar tidak bisa di akomodasi oleh Compiere, atau mungkin anda hanya sekedar ingin melakukan penyesuaian, misalnya saja agar tampilannya lebih mirip dengan aplikasi yang sebelumnya anda gunakan sehingga user lebih mudah beradaptasi dan lain lain.

Kekurangan dari Adempiere, adalah :
Adempiere bukanlah aplikasi siap pakai yang begitu anda install langsung bisa anda gunakan (meskipun sebagian besar proses bisnis defaultnya mengacu kepada proses bisnis standard), implementasi Compiere/Adempiere selalu membutuhkan proses setup, configurasi dan kustomisasi agar benar benar sesuai dengan proses bisnis di perusahaan anda, sehingga pada umumnya anda akan membutuhkan bantuan dari konsultan, atau paling tidak orang yang pernah menggunakan Compiere/Adempiere untuk melakukan setup dan konfigurasi yang sesuai dengan bisnis proses di perusahaan anda .

1 komentar:

  1. referensinya dicantumkan ya :) alamatnya di http://blog.alphamedia.co.id/2010/02/proses-bisnis-compiereadempiere-apakah.html

    BalasHapus