Senin, 04 April 2011

Rencana Pendirian Bisnis atau Usaha di Bidang Perusahaan Jasa Persewaan

Penemuan ide atau indentifikasi.
         Tujuan utama didirikannya suatu usaha adalah untuk mencari laba. Salah satu cara untuk memperoleh laba adalah dengan menginvestasikan dana dengan tujuan agar dapat menghasilkan laba pada masa mendatang. Untuk memutuskan sebuah investasi akan dilakukan, diperlukan pertimbangan yang matang sebelum investasi tersebut dilakukan. Karena pada umumnya investasi membutuhkan dana yang relative besar, dan keterikatan dana tersebut dalam jangka waktu yang relative panjang, serta mengandung resiko.
Dalam makalah ini ada dua pilihan usha yang saya ingin buka atau jalankan, yaitu:
·         Usaha atau bisnis Rental Playstation dan
·         Usaha atau bisnis Rental Mobil.

Tahap Penelitian.
*** Usaha atau bisnis Rental Playstation.
       Dunia game memang tidak pernah sepi dari peminat. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa menyukainya. Karena harga dari alat play station ini relatif mahal maka banyak dari pemain game lebih suka menyewa alat ini ditempat penyewaan. Bagi daerah yang sudah cukup banyak terdapat game center (bermain game secara online di internet) mungkin peluang usaha ini kurang dapat berkembang. Namun di tempat dimana sarana bermain di internet belum begitu dikenal umum maka peluang bisnis ini masih cukup menjanjikan.
***Usaha atau bisnis Rental Mobil.
Sekarang ini, pertumbuhan populasi kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang pesat. Tidak hanya roda dua, untuk kendaraan roda empat juga mengalami penungkatan yang cukup besar. Dengan mudahnya proses kredit melalui perusahaan pembiayaan, banyak oraang ingin memiliki kendaraan bermotor sendiri. Tetapi untuk kendaraan roda empat atau mobil, memang memiliki harga yang cukup mahal, terlebih untuk golongan menengah kebawah. Rata-rata untuk sebuah mobil baru harganya mencapai lebih dari Rp100.000.000,00., sehingga hanya orang-orang dari golongan menengah keatas yang dapat memilikinya. Dan untuk membeli mobil secara kredit juga memerlukan persyarat-persyarat yang cukup ketat
Berdasarkan fakta diatas, maka banyak orang menginvestasikan danaya untuk usaha rental mobil. sasaran dari rental mobil adalah orang-orang yang tidak memiliki mobil pribadi, tetapi membutuhkan sarana transportasi yang menjaga privasi dari masing-masing orang tersebut. 

Tahap Evaluasi.
Memulai bisnis sewa menyewa mobil, tidaklah mudah dan simpel seperti yang di bayangnkan, karena banyak sekali hal yang harus di perhatikan namun jika melihat keuntungan yang di hasilkan oleh bisnis ini tentunya suatu kepuasaan tersendiri karena laba yang dihasilkan dari usaha ini dapat dikatakan cukup menjanjikan.
Membangun usaha sewa mobil sangat dibutuhkan modal yang cukup banyak dan tidak kecil, karena modal tersebut di gunakan untuk pembelian mobil baik itu mobil baru atau mobil bekas, biaya perawatan mobil, biaya sewa tempat usaha(kalau belum memiliki tempat usaha sendiri) dan biaya operasional lainnya.
Dan sedangkan untuk membuka Usaha/bisnis rental Playstation,
juga membutuhkan dana yang banyak tetapi tidak sebayak untuk membuka usaha/bisnis rental mobil. Dan usha rental playstation tidak menghasilkan keuntungan sebanyak rental mobil. Dan usaha ini, kurang pas atau kurang cocok untuk di buka di kawasan perkotaan,
karena mayoritas kalangan ekonomi menengah atas biasanya sudah memiliki alat permainan ini,  Lingkungan perumahan dengan kelas ekonomi menengah mungkin adalah tempat yang paling pas.

Tahap Pengurutan Usulan yang Layak.
Usulan proyek atau usaha yang layak  adalah, Usaha rental mobil, karena usaha ini lah yang mendekati target yang di tentukan, yaitu mendapatkan laba yang besar, dan usaha ini mempunyai masa depan yang cerah ke depan nya, karena Kebutuhan kendaraan semakin hari semakin meningkat, mereka menginginkan segala sesuatunya secara praktis dan mudah. Sehingga mereka memilih mobil untuk mengangkut semua anggota keluarga atau rekannya dalam satu kendaraan. Namun tidak semua orang telah memiliki mobil, peluang inilah yang dijadikan sebagai alasan pentingnya usaha rental mobil.
Dan masalah modal yang di butuhkan tidak begitu menjadi masalah, karena saya bisa mengajukan pinjaman kepada bank,atau join dengan orang lain (tentu dengan adanya  kertas kontrak atau hitam di atas putih agar terhindar dari hal – hal yang tidak di ingginkan)

Tahap Rencana Pelaksanaan.
Setelah saya tentukan Usaha Rental mobil yang akan dibuka, selanjutnya pelaksanaan pembagunan (konstruksi) usaha: usaha ini akan di bagun di daerah, tepat nya Kota Tarutung.
Karena di kota Tarutung belum terlalu banyak usaha rental mobil.
Selanjut nya membuka lowongan kerja yang akan bekerja di kantor pemasaran nanti, dan menjadi sebagai orang akan mensurvei langsung orang yang akan merental mobil.
Dan jika bisnis telah berkembang, rencana stok mobil akan di tambah.
Modal untuk membuka usaha ini, sebagian akan meminjam dari bank, dan tempat usaha yang sudah ada di jadikan jaminan.
Mencari konsumen dari perusahaan atau instansi, agar bisa dijadikan sebagai pelanggan tetap yang selalu memakai jasa rental mobil.
 Dan terakhir rencana usaha ini akan berjalan pada awal bulan Mei 2011.


Tahapan Pelaksanaan.
Setelah tahap rencana pelaksanaan tersusun dengan baik, selanjutnya pelaksanaan apa yang sudah di rencanakan.
1.Hal-hal  yang sebaiknya dipersiapkan dalam membuka dan menjalankan bisnis rental mobil antara lain.
2.Memilih tempat atau lokasi yang strategis untuk membangun usaha rental mobil.
 3.Membeli mobil yang memiliki biaya perawatan yang murah, suku candang yang mudah di dapat hal ini berguna agar biaya pengeluaran untuk perawatan mobil rendah.
4.Mengasuransikan mobil sewaan, agar jika terjadi sesuatu dengan mobil sewaan, maka pihak asuransi akan membantu.
5.Membuat manajemen, pelayanan terbaik, izin dan sertifikat yang kuat dan solid agar si klien betah dan nyaman menggunakan jasa rental mobil ini.
 6.Mempromosikan usaha dengan cara memasang iklan di internet, koran, menyebarkan brosur, atau juga memberikan harga murah kepada langganan pertama dan setia.
7.Mencari supir yang memiliki pengalaman yang banyak dan tidak memiliki riwayat yang tidak benar.
8.Membeli jenis mobil keluarga karena jenis mobil ini lebih di minati karena dapat memuat lebih banyak orang ketimbang jenis mobil yang hanya memuat sedikit orang.

















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar